Assalamualaikum wr.wb
Apa kabar guys? semoga kalian semua sehat walfiat yaa. Kali ini gw pengen bahas E-Commerce lagi, materinya tentang Manfaat dan Kekurangan E-Commerce. Ok langsung to the point aja yaa...
1. Manfaat E-Commerce
- Mendapatkan pelanggan baru baik dari domestik maupun luar negeri
- Menarik konsumen untuk tetap bertahan
- Meningkatkan mutu layanan dengan melakukan interaksi yang lebih personal sehingga dapat memberikan informasinya sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen
- Melayani konsumen tanpa batas waktu, pelanggan dapat melakukan interaksi dan memanfaatkan layanan suatu perusahaan tanpa harus terikat dengan waktu
- Memudahkan promosi produk dan jasa secara interaktif dan real time
- Menciptakan saluran distribusi baru yang bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dihampir semua belahan dunia
- Memberikan penghematan signifikan dalam biaya pengiriman informasi dan produk terdigitalisasi (contoh perangkat lunak dan musik)
- Menekan waktu siklus dan tugas tugas administratif
- Layanan pelanggan yang lebih responsif dan memuaskan
- Memudahkan aplikasi one-to-one atau direct advertising yang lebih efektif dibanding mass advertising
- Menghadirkan pasar maya/virtual (marketplace) sebagai komplemen pasar tradisional
Irmawati, Dewi 2011, Pemanfaatan E Commerce dalam Dunia Bisnis, Sriwijaya, Jurnal Orasi Ilmiah dan Bisnis, ISSN: 2085-1375.
2. Mafaat E-Commerce dari segi Organisasi, Konsumen, dan Masyarakat
Organisasi
- Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan global
- Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan dan mengakses informasi berbasis kertas
- Memungkinkan perusahaan mewujudkan bisnis yang sangat terspsesialisasi
- Menekan biaya persediaan dan overhead dengan cara memfasilitasi manajemen rantai nilai bertipe "pull" yang prosesnya berawal dari pesanan pelanggan dan menggunakan pemanufakturan just in time.
- Menekan waktu antara pembayaran dan penerima produk/jasa
- Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis
- Menekan biaya telekomunikasi
Konsumen
- Memungkinkan konsumen berbelanja atau melakukan interaksi lainnya setiap saat (24 jam)
- Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan
- Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah
- Memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalam electronik communities dan saling bertukar gagasan dan pengalaman.
- Memungkinkan pelanggan berpartisipasi dalam lelang virtual
Masyarakat
- Memungkinkan lebih banyak orang bekerja di rumah
- Memungkinkan beberapa jenis barang dijual dengan harga murah
3. Kekurangan E-Commerce
- Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau diatelah mengganti semua data finansial yang ada
- Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban
- Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam
- Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang peretas program (hacker) yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan lalu memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri
- Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut
- Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem.
Irmawati, Dewi 2011, Pemanfaatan E Commerce dalam Dunia Bisnis, Sriwijaya, Jurnal Orasi Ilmiah dan Bisnis, ISSN: 2085-1375.Nah itu dia tadi beberapa Manfaat dan Kekurangan E-Commerce, smoga artikel ini bermanfaat. Well sampai jumpa di next article.... :D
0 comments:
Post a Comment