SEMPATIN 5 MENIT DONG BUAT LIKE & SHARE... :)

Saturday, September 30, 2017

Manfaat dan Kekurangan E-Commerce

Assalamualaikum wr.wb


Apa kabar guys? semoga kalian semua sehat walfiat yaa. Kali ini gw pengen bahas E-Commerce lagi, materinya tentang Manfaat dan Kekurangan E-Commerce. Ok langsung to the point aja yaa...



1. Manfaat E-Commerce
  • Mendapatkan pelanggan baru baik dari domestik maupun luar negeri
  • Menarik konsumen untuk tetap bertahan
  • Meningkatkan mutu layanan dengan melakukan interaksi yang lebih personal sehingga dapat memberikan informasinya sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen
  • Melayani konsumen tanpa batas waktu, pelanggan dapat melakukan interaksi dan memanfaatkan layanan suatu perusahaan tanpa harus terikat dengan waktu
  • Memudahkan promosi produk dan jasa secara interaktif dan real time
  • Menciptakan saluran distribusi baru yang bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dihampir semua belahan dunia
  • Memberikan penghematan signifikan dalam biaya pengiriman informasi dan produk terdigitalisasi (contoh perangkat lunak dan musik)
  • Menekan waktu siklus dan tugas tugas administratif
  • Layanan pelanggan yang lebih responsif dan memuaskan
  • Memudahkan aplikasi one-to-one atau direct advertising yang lebih efektif dibanding mass advertising
  • Menghadirkan pasar maya/virtual (marketplace) sebagai komplemen pasar tradisional
Irmawati, Dewi 2011, Pemanfaatan E Commerce dalam Dunia Bisnis, Sriwijaya, Jurnal Orasi Ilmiah dan Bisnis, ISSN: 2085-1375.

2. Mafaat E-Commerce dari segi Organisasi, Konsumen, dan Masyarakat
Organisasi
  • Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan  global 
  • Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan dan mengakses informasi berbasis kertas
  • Memungkinkan perusahaan mewujudkan bisnis yang sangat terspsesialisasi
  • Menekan biaya persediaan dan overhead dengan cara memfasilitasi manajemen rantai nilai bertipe "pull" yang prosesnya berawal dari pesanan pelanggan dan  menggunakan pemanufakturan just in time.
  • Menekan waktu antara pembayaran dan penerima produk/jasa
  • Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa ulang proses bisnis
  • Menekan biaya telekomunikasi
Konsumen
  • Memungkinkan konsumen berbelanja atau melakukan interaksi lainnya setiap saat (24 jam)
  • Memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih banyak kepada pelanggan
  • Memungkinkan konsumen dalam mendapatkan produk dan jasa yang lebih murah
  • Memungkinkan pelanggan berinteraksi dengan pelanggan lainnya dalam electronik communities dan saling bertukar gagasan dan pengalaman. 
  • Memungkinkan pelanggan berpartisipasi dalam lelang virtual
Masyarakat 
  • Memungkinkan lebih banyak orang bekerja di rumah 
  • Memungkinkan beberapa jenis barang dijual dengan harga murah

3. Kekurangan E-Commerce
  • Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau diatelah mengganti semua data finansial yang ada
  • Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban
  • Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam
  • Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang peretas program (hacker) yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan lalu memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri
  • Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut
  • Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem.
Irmawati, Dewi 2011, Pemanfaatan E Commerce dalam Dunia Bisnis, Sriwijaya, Jurnal Orasi Ilmiah dan Bisnis, ISSN: 2085-1375.
Nah itu dia tadi beberapa Manfaat dan Kekurangan E-Commerce, smoga artikel ini bermanfaat. Well sampai jumpa di next article.... :D 




Newer Post Older Post Home

0 comments:

Post a Comment